Saturday, April 23, 2011

TIPS : DUMMY CONCEPT FOR COMPOSITING

Compositing itu adalah proses yang penting banget dalam finalizing hasil render 3D,why? karena kalau kita finalizing di software 3D akan lama untuk menemukan look yg perfect , so kita butuh compositing, dan proses ini kita lakukan sebelum editing.

Compositing sering di lewatkan dan masih terpaku pada finalizing dari software 3D dengan mengandalkan kekuatan engine rendering, proses ini tidak salah cuman kurang efisien. Padahal proses ini cukup sederhana tapi bisa meng efisienkan kerja kita.

Kita bisa compositing di photoshop untuk gambar2 still image, atau bisa juga memakai software after effect atau software2 lainya untuk sebuah movie .


Secara sederhana banget konsep compositing adalah blending warna, so maka kita harus menyediakan bahan bahan untuk compositingnya. Sederhannya biasanya gw memberikan rendering diffuse, AO, reflection& refraction plus shadow. Bahan bahan ini bisa kita render di berbagai macam engine render tergantung efisiensi kecepatan prosesnya.

tapi pada prosesnya pass yang kita pakai bisa sesuai dengan rumusan masing-masing, seperti sample di bawah gw memakai pass hanya 3 saja dan berbeda dengan pass yang saya suplai dalam produksi film.

Pass render AO (MentalRay)



Pass render DIFFUSE (GI)+ SHADOW (QuickSilver)



Pass render Reflect+Specular (scanline render)



kemudian saya gabung dengan rumusan AO (multiply) ke diffuse, dan refleksi saya (add) ke diffuse, so di tambah dengan perbaikan warna di software kompositing hasilnya sebagai berikut.





No comments:

Post a Comment